Sinergitas Dinas Kelautan dan Perikanan dengan Kodim Tobelo 2022

Selasa, 13/09/2022, Junis Totoai Kojoba S.Pi selaku Kepala Seksi Pengelolaan Kawasan Budidaya dan Kesehatan Ikan, dan Meiske Manery, S.Pi Analis Pembudidaya Ikan menjadi Narasumber pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Kodim 1508/Tobelo bertempat di Aula Koramil 1508-02/Galela. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdidri dari unsur  pimpinan Kodim, Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN), Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Halmahera Utara pada pukul 09.00 s/d 11.30 WIT.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin sebagai perwakilan Kodim ini merupakan bentuk sinergitas antara Kodim 1508/Tobelo, masyarakat setempat (POKDAKAN,red) dengan Dinas Keluatan dan Perikanan Kabupaten Halmahera Utara dalam rangka melaksanakan Penyelenggaraan Program Bakti Masyarakat Kodim 1508/Tobelo T.A 2022 di dilingkungan Kab Halmahera Utara.

Setelah dibuka oleh pimpinan rapat, selanjutnya Junis Totoai Kojoba S.Pi  dan Meiske Manery, S.Pi memberikan materi tentang “Cara Budidaya Ikan Sistem Bioflok”. Beberapa materi penting yang disampaikan kepada masyarakat adalah Pengertian bioflok, Kelebihan  dan Kekurangan Sistem Bioflok. “efisiensi penggunaan pakan adalah salah satu keunggulan dalam budidaya ikan sistem bioflok” ungkap Junis Totoai Kojoba S.Pi. Meiske Manery, S.Pi menambahkan “budidaya sistem bioflok tidak membutuhkan lahan yang luas, karena kolam yang digunakan berbentuk lingkaran dengan diameter kolam 2m dan tinggi 1m.

Acara ditutup dengan ucapan terimakasih dari Kasdim 1508/Tobelo kepada perwakilan dari dinas Kelautan dan perikanan karena telah menyempatkan waktu untuk memberikan materi kepada masyarakat pembudidaya ikan terkait budidaya ikan system bioflok. “Budidaya ikan sistem bioflok ini merupakan salah satu teknik budidaya lain yang bisa dikembangkan dan diterapkan pada masyarakat Galela selain budidaya sistem KJA” tutur Mayor Inf Rusmin Nuryadin.

 

Pewarta : Nanang Kurniawan

Editor   : Selvanda Bunga
Bagikan Ke: