Penyerahan Sertipikat Hak Atas Tanah (seHAT) Nelayan di Kabupaten Halmahera Utara Tahun 2022

DKP, Kamis ( 17/11/22 ) Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan penyerahan sertifikat hak atas tanah (seHAT) nelayan sebagai upaya mendorong meningkatkan kesejahteraannya, melalui penataan legalisasi aset.

Kegiatan penyerahan sertifikat hak atas tanah (seHAT) Nelayan di Kabupaten Halmahera Utara dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Halmahera Utara bersama dengan Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Halmahera Utara. Penyerahan sertipikat hak atas nelayan- seHAT Nelayan merupakan hasil pengukuran tahun 2022 tepatnya bulan Februari sampai bulan Maret 2022. Jumlah sertifikat yang diserahkan berjumlah 100 bidang tanah yang terdiri dari 39 bidang untuk Desa Kao, 22 bidang Desa Daru, 4 bidang untuk Desa Bobale. 3 bidang untuk Desa Popon, 2 bidang untuk Desa Waringin Lamo, 26 bidang untuk Desa Biang, 3 bidang untuk Desa Gorua Selatan dan 1 bidang untuk Desa Wari Ino.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Victor Mangimbulude, ST Mengatakan “ Kagiatan Pengukuran yang telah dilakukan mulai bulan Februari sampai bulan Maret 2022 akhirnya selesai dan pada hari ini bisa di lakukan penyerahan sertifikat secara simbolis, harapan saya sertifikat tanah dapat digunakan sebaik mungkin sebagai salah satu modal  untuk meningkatkan usaha nelayan.

Sertifikat tanah memberikan jaminan hukum tentang kepemilikan tanah nelayan yang memudahkan mendapat pinjaman modal usaha ke pihak perbankan, sehingga memanfaatkan sertifikat itu demi pengembangan usaha.

Viktor Mangimbulude, ST menambahkan “ Bagi para nelayan yang sudah menerima sertifikat tanah agar segera mengurus kartu KUSUKA/Kartu Nelayan di Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai bukti dokumen legalitas kenelayanan”

Kemudian Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Halmahera Utara Mokhamad Imron, A.Ptnh mengungkapan Apresiasinya kepada Dinas Kelautan dan Perikanan  yang telah memiliki terobosan memikirkan tanah para nelayan yang ada di Halmahera Utara.

Mokhamad Imron,A.Ptnh menambahkan “ Andaikan pertemuan ini dihadiri Dinas Perindustrian dan Perbankan bisa memberikan fasilitas kepada Nelayan untuk melakukan Pinjaman di Bank dengan Bunga rendah dan Lunak sehingga dapat digunakan untuk pengembangan usaha sehingga meningkatkan kesejahteraan Nelayan”. Sebagai penutup ia menambahkan ucapan terimakasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan karena telah memfasilitasi nelayan dalam pembuatan sertifikat ini.

Penyerahan sertifikat atas tanah nelayan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kepada nelayan penerima.

Program sertifikat hak atas tanah (seHAT) Nelayan di kabupaten Halmahera Utara tahun 2023 juga sudah diusulkan dengan jumlah alokasi 122 bidang yang akan di berikan kepada nelayan.

“Kiranya Program ini dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat lebih khusus kepada para nelayan” Tutup Victor Mangimbulude pada kegiatan ini.

Ed    : Nanang Kurniawan

Bagikan Ke: