DKP Fasilitasi Sosialisasi Pemanfaatan Jenis Ikan dilindungi dan atau Appendiks Cites

Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (PSPL) Sorong melakukan Sosialisasi Pemanfaatan Jenis Ikan dilindungi dan/atau Appendiks Cites pada hari Kamis 29 September 2022 lalu yang dilaksanakan di ruang rapat Dinas Kelautan dan Perikanan. Loka PSPL merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jendral (Ditjen) Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementrian Kelautan dan Perikanan, untuk Menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan ruang laut, pengelolaan konservasi dan keanekaragaman hayati laut, pengelolaan pesisir dan pulau-pulau kecil.

Kegiatan yang dihadiri oleh staf Dinas Kelautan dan Perikanan (KP) Halmahera Utara, Wilker BKIPM Kab Halmahera Utara,Pengusaha Ikan,serta Penyuluhan Perikanan ini dibuka secara resmi Oleh Victor Mangimbulude, ST. selaku Kepala Dinas KP Halmahera Utara. “Perlu adanya pengetahuan lebih lanjutan tentang jenis-jenis ikan yang dilindungi sehingga memudahkan para pengusaha ikan di wilayah Halmahera utara memilih dan memilah jenis ikan yang didapat” tutur beliau dalam sambutannya.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, Vera dari Loka PSPL sebagai pembicara menjelaskan tentang beberapa jenis ikan yang dilindungi penuh dilindugi terbatas dan jenis ikan bisa dimanfaatkan. Selain itu Setiap pelaku usaha yang melakukan pemanfaatan Jenis Ikan dilindungi perlu memiliki Izin dalam bentuk SIPJI (Surat Izin Pemanfaatan Jenis Ikan) yang pembuatannya terintegrasi dengan OSS. Dan setiap pengangkutan Jenis Ikan dilindungi baik tujuan dalam negeri maupun luar negeri wajib menyertakan dokumen SAJI (Surat Angkut Jenis Ikan).

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi antara pihak loka PSPL Sorong dengan para pengusaha ikan, kemudian di akhiri dengan foto bersama.

Editor  : (Nanang K, Selvanda Bunga)

Bagikan Ke: